• Logo
  • TIPS & BERITA
Home > Tips & Berita > Perubahan Pola Hidup

Perubahan Pola Hidup

Posted by admin

Share This Article

Dokter biasanya akan mengusulkan pasien untuk melakukan beberapa perubahan dalam perilaku sehari-hari sebagai terapi awal.

  1. Pasien mungkin akan diminta untuk merubah jenis makanan dan minuman
  2. Menurunkan berat badan
  3. Berhenti merokok
  4. Bagi penderita yang berusia lanjut lebih baik telentang selama 1 hingga 2 jam tiap hari (menghindari penumpukan cairan di bagian bawah tubuh)

ASUPAN CAIRAN

Kebanyakan penderita OAB salah paham, dan kemudian membatasi asupan cairan, dengan harapan akan meredakan gejala OAB. Tetapi malah dapat mengakibatkan masalah pada kandung kemih.

Jika asupan cairan berkurang, maka akan terjadi konsentrasi urin, yang kemudian dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan menyebabkan urgensi dan frekuensi (urin yang terkonsentrasi berwarna kuning gelap dan memiliki bau yang kuat).

Urin yang terkonsentrasi juga menciptakan lingkungan dimana bakteri dapat tumbuh dengan banyak, sehingga mengakibatkan infeksi saluran kemih.

Asupan cairan yang rendah juga akan mengakibatkan dehidrasi, terutama pada yang berusia lanjut. Hal ini menjadikan pasien yang berusia lanjut beresiko terhadap masalah lain, seperti konstipasi.

 

ATUR WAKTU

Jadwal berkemih dapat membantu seseorang memiliki kebiasaan yang baik dengan melatih kandung kemih supaya dapat menahan lebih lama dan lebih banyak.

Dokter dapat menginstruksikan pasiennya untuk berkemih pada jam-jam yang telah ditentukan, seperti sekali setiap jam, saat timbul rasa urgensi atau tidak sekalipun.

Seiring dengan kemampuan kandung kemih untuk mentoleransi lebih banyak tanpa berkontraksi, interval waktu antara berkemih perlahan ditingkatkan hingga dapat menahan berkemih dengan pola yang lebih normal, selama 3 hingga 4 jam (jika pasien merasa interval waktu perlu disesuaikan, maka sebaiknya dibahas terlebih dahulu dengan dokternya).

Share This Article