• Logo
  • TIPS & BERITA
Home > Tips & Berita > Menahan Urgensi

Menahan Urgensi

Posted by admin

Share This Article

Apa yang terjadi jika merasakan urgensi sebelum waktu yang dijadwalkan untuk berkemih?

Duduk, berdiri, atau berbaring (mana saja yang terasa lebih nyaman) dan gunakan teknik di bawah untuk membantu menahan hingga sensasi urgensi mereda.

Teknik tersebut belum tentu selalu berhasil, jadi harus dicoba dikombinasikan. Dan berlatihlah di rumah sebelum mencoba di tempat lain karena tekanan tidak terlalu besar, jadi cenderung lebih berhasil, dan baju ganti mudah tersedia jika diperlukan.

  1. Jangan panik – ketegangan meningkatkan urgensi, fokus untuk relaksasi daerah di luar dasar panggul, seperti otot perut.
  2. Pusatkan perhatian pada sensasi tubuh lainnya seperti bernapas.Tarik napas dalam perlahan-lahan sebanyak 5 sampai 10 kali. Konsentrasi pada paru-paru yang mulai terisi dan mengosong, dada mengembang dan mengempis. Latihan ini dapat mengganggu proses pesan urgensi palsu yang dikirim oleh otak.
  1. Kontraksi cepat. Mengedankan otot dasar panggul dengan cepat dan kuat sebanyak 5 hingga 10 kali secara berurutan, memberikan sinyal kepada kandung kemih untuk rileks
  2. Alihkan perhatian. Memainkan sebuah permainan mental. Salah satunya dengan cara mengurutkan nama bulan secara alfabetis, mencoba mengeja nama teman atau saudara secara terbalik, atau menjumlahkan angka besar.
  3. Kepercayaan diri. Percaya bahwa akan berhasil. Yakinkan diri dengan pernyataan seperti “saya yang memegang kendali”, dan “tubuh saya kuat. Saya dapat menunggu!”
  4. Atur ritme. Saat perasaan urgensi telah mereda, berjalanlah dengan perlahan – jangan berlari – ke kamar mandi, atau tahan lagi selama 10 menit sebelum ke kamar mandi.

 Di dalam Jiwa yang kuat terdapat kandung Kemih yang sehat!

Share This Article