• Logo
  • PROSES BERKEMIH

Beser atau Overactive Bladder (OAB) adalah keadaan dimana kandung kemih yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa hasil metabolisme dari tubuh tidak bekerja dengan semestinya.

Sisa metabolisme tersebut dihasilkan oleh berbagai organ dalam tubuh yang kemudian dibawa ke ginjal melalui aliran darah. Kemudian ginjal menyaring darah yang masuk dengan menggunakan jaringan khusus yang dimilikinya, lalu mengumpulkan sisa hasil metabolisme dan cairan lainnya menjadi air seni atau urin dan ditampung. Ginjal mengeluarkan urin melalui saluran kecil yang disebut ureter, dan dibawa menuju kandung kemih. Kandung kemih berfungsi menampung urin kira-kira sebanyak dua cangkir cairan. Dan ketika Anda siap untuk berkemih, maka urin akan turun dari kandung kemih melalui sebuah saluran yang disebut uretra untuk keluar dari tubuh.

Gejala lain dari Beser atau Overactive Bladder (OAB) adalah sering ke toilet sebanyak lebih dari delapan kali selama 24 jam dan terbangun lebih dari satu kali malam hari untuk buang air kecil.

Cara Berkemih

Normalnya, proses berkemih tidak perlu banyak dipikirkan. Proses berkemih merupakan kombinasi kerja otot volunter (sadar) dan involunter (otomatis) yang mengatur kapan menahan dan melepas urin.